Menengok Masjid-Gereja Berdampingan di Medan


Menengok Masjid-Gereja Berdampingan di Medan

Ada masjid dan gereja yang dibangun berdampingan. Letaknya di Kota Pematangsiantar, Medan, Sumatera Utara. Hal ini menunjukkan kerukunan antarumat beragama di kota tersebut tinggi.

Dua rumah ibadah itu, yakni Masjid Bakti dan Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) di Simpang Pertamin, kilometer 6 Jalan Medan-Siantar, di lingkungan Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Martoba.

"Kami tidak pernah berselisih. Aman dan hidup damai," ujar pengurus Masjid Bakti, Abdul Muis, usai menunaikan salat, Minggu (21/7/2013).

Dia menjelaskan, umat muslim dan kristiani di lingkungan ini saling menjaga diri dan kesucian ibadah masing-masing. Bahkan saling mendukung jika melakukan kegiatan keagamaan.

Jika ada yang mengalami musibah, lanjut dia, umat saling melayat dan memberi bantuan. "Saat beribadah salat Jumat misalnya, umat kristiani menghentikan aktivitasnya. Kami saling menjaga dan mendukung," sebutnya.

Kerukunan ini tidak saja terjalin di tingkat orang tua. Bahkan anak-anak dan remaja. "Kami sering mengundang remaja kristiani dan mereka datang. Demikian sebaliknya," kata anggota remaja Masjid Bakti Ogin Anggawa, yang tinggal selama 21 tahun di lingkungan ini. (Ant/Riz)